PT. PAN ASIA SUPERINTENDENCE CABANG BATAM: Stok Beras Bulog Subdivre Dumai Aman Jelang Natal

Sabtu, 17 Desember 2011

Stok Beras Bulog Subdivre Dumai Aman Jelang Natal

Perum Bulog Sub Divre Dumai, Provinsi Riau, memiliki stok beras yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat mejelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru Masehi 2012.

"Persediaan beras saat ini sebanyak 11 ribu ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan di tiga wilayah distribusi Bulog Dumai hingga 16 bulan ke depan," kata Kepala Perum Bulog Sub Divre Dumai Farouq Oktobri Qomari kepada ANTARA, Rabu.

Tiga wilayah penyaluran beras Bulog Dumai meliputi lima kecamatan di Kota Dumai, empat di Kabupaten Bengkalis dan 14 di Kabupaten Rohil.

Untuk memenuhi kecukupan beras, saat ini juga dilakukan pemasukan beras impor dari Vietnam sebanyak 15 persen dari jumlah kebutuhan di Pelabuhan Dumai.

Ketersediaan stok beras untuk operasional dan fisik sebagian masih pembongkaran di pelabuhan Dumai dan ada yang sudah ditimbun di gudang Bulog. Alokasi penyaluran beras diperuntukkan sebagai beras raskin, juga mengantisipasi kelangkaan produk beras dalam negeri.

Ia mengatakan, cadangan beras yang tersimpan di gudang akan dialokasikan untuk raskin pemerintah ke 8.594 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kota Dumai.

Ia mengatakan, penyaluran raskin di wilayah Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis hingga kini sudah terealisasi 100 persen, sedangkan di Kabupaten Rohil masih sekitar 90 persen.

Raskin untuk warga di Dumai dan Bengkalis dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah setempat, sedangkan raskin di wilayah rohil tidak ditanggulangi oleh pemerintahnya.

Selama ini, raskin disalurkan 15 kilogram per RTS per bulan dengan harga Rp 1.600 perkilogram.

Menurut dia, Pemerintah melalui Bulog juga akan menyalurkan raskin tahap ke-13 yang akan didistribusikan setelah turun petunjuk pelaksanaan dari pusat.

"Menyambut Natal dan Tahun Baru ini juga pemerintah telah mengalokasi raskin ke 13 khusus untuk rumah tangga miskin. Jika Juklak dari pemerintah sudah turun, secepatnya akan kami distribusikan ke warga yang berhak menerima," ujarnya.

Tidak ada komentar: