PT. PAN ASIA SUPERINTENDENCE CABANG BATAM: Pemko Dumai Berikan Bantuan Beras Kepada Korban Banjir

Sabtu, 17 Desember 2011

Pemko Dumai Berikan Bantuan Beras Kepada Korban Banjir

Pemerintah Kota Dumai kembali menggulirkan bantuan beras bulog sebanyak 20 ton kepada masyarakat korban banjir yang berada di Kelurahan Pangkalan Sesai, Simpang Tetap Darul Iksan, dan Kelurahan Ratu Sima Kecamatan Dumai Barat, dari jumlah penduduk 1.556 Kepala Keluarga.
Sementara penyerahan beras bulog itu diserahkan secara simbolis oleh Walikota H Khairul Anwar bersama Wakil Walikota H Agus Widayat dan Kepala Bulog Subdivre Dumai, kepada 3 Kepala Kelurahan di Kecamatan Dumai Barat, di Gudang Bulog Dumai, Jalan Sultan Syarif Kasim, Jumat (30/9/2011).
Penyerahan awal beras bantuan Pemko tersebut diberikan Wako ke masing-masing lurah yakni Lurah Ratu Sima Jasmawar, Lurah Pangkalan Sesai Zulfahren dan Lurah Simpang Tetap Darul Ikhsan Taufik. Mereka juga didampingi Sekcam Dumai Barat, Zainal.
Walikota Dumai, H Khairul Anwar mengatakan kepada masing-masing kepala kelurahan untuk dapat merealisasikan beras bantuan dari bulog tersebut tepat sasaran dan bermanfaat bagi korban banjir sehingga dapat mengurangi beban yang dialami oleh masyarakat tersebut.
“Saya mengharapkan untuk seluruh bantuan tersebut dapat disampaikan kepada masyarakat baik sesuai dengan orangnya ataupun jumlahnya. Sehingga dapat meringankan beban para warga yang terkena musibah. Bantuan ini diberikan kepada warga yang rumahnya dilanda banjir kemarin. Jadi bukan melihat korban apakah orang kaya atau miskin,” kata Wako berharap kepada lurah.
Sementara mengenai bantuan beras tersebut, Khairul menuturkan, bantuan yang diberikan Pemko ini menggunakan jatah yang tersedia untuk kebutuhan Pemko seperti halnya bencana. Sedangkan saat ini Pemko Dumai masih memilik sebanyak 100 ton beras di Bulog.
“Dengan adanya beras yang dimiliki Pemko Dumai masih banyak, makanya kita mengambil 20 ton untuk masing-masing kelurahan dengan alokasi jumlah beras yang disalurkan berbeda. Paling banyak disalurkan ke Kelurahan Ratu Sima yakni diberikan untuk 5.165 jiwa dari 1.033 KK sebanyak 13.930 kilogram,” kata Khairul Anwar.
Kemudian beras Bulog bantuan Pemerintah Kota Dumai tersebut juga disalurkan ke Kelurahan Simpang Tetap Darul Iksan. Pada kelurahan ini jumlah penerima sebanyak 2.136 jiwa dari 505 kepala keluarga. Jumlah beras yang diberikan sebanyak 5.982 kilogram. Untuk penerima yang di Kelurahan Pangkalan Sesai diberikan kepada 62 jiwa dari 18 KK. Untuk beras yang disalurkan di Pangkalan Sesai sebanyak 171 kilogram.
Dijelaskan Lurah Ratu Sima Dasmawar pembagian bantuan beras tersebut berdasarkan jumlah jiwa. Jadi satu keluarga juga tidak mendapatkan jumlah yang sama, tergantung jumlah yang terdapat dalam keluarga itu. “Masing-masing jiwa diberikan sebanyak 4 ons per hari. Tapi beras yang diberikan untuk selama tujuh hari,” katanya. Sedangkan mengenai pembagiannya, Dasmawar mengatakan, pihaknya akan membagikan melalui ketua RT. Sebab pendataan korban banjir dilakukan oleh RT setempat.
Sementara itu Kepala Bulog Dumai, Faruq Octubri Qomary mengatakan, sebanyak 100 ton bulog milik pemerintah daerah yang disiapkan untuk persediaan bagi pemerintah seperti untuk digunakan sebagai bantuan bencana. Saat ini masih tersedia sebanyak 80 ton beras pemerintaah untuk menghadapi kondisi-kondisi tertentu.
“Jika nantinya kebutuhan untuk pemerintah daerah berkurang terkait adanya kebutuhan seperti untuk bencana, bisa dilakukan penambahan setelah mendapatkan persetujuan gubernur. Tugas kita di Bulog ini menerima beras yang masuk, menjaga dan merawat setelah itu menyalurkan,” katanya.
Pantauan dilokasi, penyerahan beras tersebut diangkut menggunakan truk milik Pemko Dumai. Masing-masing truk mengangkut beras untuk jatah masing-masing kelurahan

Tidak ada komentar: