PT. PAN ASIA SUPERINTENDENCE CABANG BATAM: 300 Ribu Ton Beras Impor dari Vietnam Tiba Bulan ini

Sabtu, 03 November 2012

300 Ribu Ton Beras Impor dari Vietnam Tiba Bulan ini


JAKARTA- Pemerintah melalui Perum Bulog telah sepakat untuk membeli beras sebanyak 300 ribu ton dari Vietnam.
"Bulog sudah melakukan kontrak pembelian dengan pihak Vietnam," ungkap Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Deddy Saleh kepada wartawan,  di Kantornya, Jakarta, Jumat (2/11/2012).
Lanjut Deddy,  beras impor dari Vietnam inii akan sampai ke Indonesia pada bulan November ini. "Sebanyak 300 ribu akan direalisasikan sampai bulan November," sebut Deddy.

Selain itu, dia juga mengungkapkan sekarang masih dalam proses pembelian beras dari india, dengan jumlah 100 ribu ton.  

Begitu juga dengan pembicaraan dengan Thailand. Namun hingga kini masih belum mencapai kata sepakat. Khususnya terkait harga beras impor dari Thailan itu sendiri yang ditetapkan pemerintah Gajah Putih tersebut masih mahal dan lebih tinggi dari harga internasional.

Sedangkan dengan Kamboja sendiri, tegas Deddy belum ada kesepakatan jumlah, harga dan kapan impor beras tersebut akan dilakukan. Karenanya, menurut Deddy, antara Kamboja dengan Indonesia masih melakukan pejajakan atas kesepakatan yang diteken Menteri Perdaganagn Gita Wirjawan dan pihak Kamboja dalam nota kesepahaman beberapa waktu lalu.

"Tidak ada kesepakatan apa-apa. Hanya pembicaraan coutesy call, apalagi saya tidak berwenang bikin kesepakatan. Karena  secara komsersial harus oleh bulog," tegasnya mengklarifikasi kabar bahwa Indonesia akan mengimpor beras dari Kamboja sebesar 100 ribu ton pada tahun ini.

Tidak ada komentar: