PT. PAN ASIA SUPERINTENDENCE CABANG BATAM: Gita: Impor Beras Vietnam Untuk Ketahanan Pangan

Rabu, 19 September 2012

Gita: Impor Beras Vietnam Untuk Ketahanan Pangan


Jakarta - Kementerian Perdagangan akan kembali melakukan impor beras dari Vietnam dengan dalih mendukung program ketahanan pangan nasional.

"Dimaksudkan untuk menyediakan alternatif cadangan beras bagi Indonesia dikala memerlukannya," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan usai melakukan penandatanganan perpanjangan nota kesepahaman dengan Vietnam terkait perdagangan beras di kantornya, Selasa (17/9/2012).

Sebelumnya, pemerintah sudah melakukan kerjasama dengan beberapa negara produsen beras seperti Kamboja dan Thailand, dengan tujuan yang sama dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri.

"Ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pasokan beras dari satu negara. Jadi jika terpaksa impor beras, kita memilih negara yang menawarkan harga yang lebih murah dan berkualitas," ujarnya.

Lanjutnya, tindakan impor beras merupakan langkah terakhir yang dilakukan untuk menjaga stabilitas harga di dalam negeri. "Harga yang stabil kan, nantinya bisa dijangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah, namun tanpa merugikan petani," tuturnya

Tidak ada komentar: